170513 - 14 Trip to Pulau Harapan

Sebagai anak perantauan yang datang dari kampung ke kota, harap dimaklumi aja kalo kita ini suka banget sama kehidupan metropolitan di Jakarta ini. Tapi liburan minggu lalu itu liburan ter-out of the box selama aku tinggal di Jakarta.

Yeah... Liburan 2D1N di PULAU HARAPAN!

Taken with Canon M10

Hanya dengan merogoh kocek sebesar IDR 340.000 (Tiga Ratus Empat Puluh Ribu) - All In! Kamu udah bisa liburan menyenangkan menikmati pemandangan yang breathless disini ^^ Recommend deh buat kamu yang hobi travel backpacker yang sedang berada di Jakarta.

Paket dari tour sebenarnya hanya IDR 320.000 (Tiga Ratus Dua Puluh Ribu). Harga itu sudah include :
1. Penginapan untuk 2 hari 1 malam
2. Kapal PP dari Muara Angke
3. Biaya perahu jelajah pulau selama disana
4. dan snorkeling serta foto underwaternya.

Jadi ini itinerary-nya selama 2 hari 1 malam di Pulau Harapan :

DAY 1

07.00 Berangkat dari Muara Angke ke Pulau Harapan
Hampir terlambat hahahaha! Berangkat dari daerah Gajah Mada jam 6.15 (karena nunggu uber yang gak datang2) dan sampai di Muara Angke tepat jam 7 pagi. Tapi untungnya aja kapalnya belum berangkat. Tapi yang sial adalah, dapat tempat duduk di bawah dan dibelakang yang deket mesin yang alhasil bau jenset (bau bensin) dan berisik serta panas.
Berbekal antimo satu butir dan musik trendy yang aku siapin di hape, aku bisa ngelewatin 3 jam di kapal yang terombang ambing ombak.

12.00 Sesampainya di Pulau Harapan kita udah ditungguin sama tour leader kita disana. Orangnya ramah dan nawarin ngebantuin bawa barang bawaan kita sampe guesthouse. Karena kita paket 10 orang, kita dapat rumah yang lumayan gede. Ada 2 kamar dan disediain tempat tidur 3 buah. Sesampainya di guesthouse, bahagianya kita melihat makanan yang sudah tersedia rapi di ruang tamu.

12.30 Setelah persiapan semuanya selesai, kita mulai jelajah pulau dan snorkeling. Kita dibawa jauh banget dari Pulau Harapan.
Taken with Canon M10

Dekat-dekat Pulau Macan dan Macan Gundul-lah spot snorkeling pertama kita. Disini kita bisa melihat lautnya sangat jernih (karena gak punya kamera waterproof, jadi gak bisa aku share ya, aku ke asikan snorkeling hahahaha). Namanya juga gak bisa renang yah, dan gak pernah snorkeling, aku ngedengerin briefing tour leader kita dengan hati-hati dan akhirnya setelah tunggu bermenit-menit di kapal ngulur-ngulur waktu karena masih cemas itu di bawah sana ada hiu gak, aku berpikir "Ah, Sel, mumpung disini udah nyebur aja lah! Rugi udah bayar!" Akhirnya aku nyebur. Dan... ketagihan! Hahahaha...

14.00 Kita pindah ke lokasi snorkeling ke-2. Nah disini lebih dalam airnya dan karangnya lebih tajam TT_TT Kaki luka-luka dah hahaha. Tapi puas banget liat ikan-ikan berkumpul warna warni. Maaf ya ikan-ikan aq tendang-tendang saat renang TT_TT Maklumi manusia ini gak bisa renang yakk...
Taken with Action Camera Xiaomi (sori gak tau serinya karena kamera temen)

Lupakan pose kampungan kita hahaha

16.00 Kita mulai berjalan ke Pulau Bulat untuk bermain Banana Boat dan isi perut kita dengan berpiring-piring gorengan keras dan saus kacang. Hahaha...
Banana Boat! (taken with Canon M10)
17.00 Sampelah kita di Pulau Perak melihat sunset yang breathless bangett!
Taken with Canon M10

Sampe disini bener-bener cuma ada segelintir orang. Bener-bener bagus banget pemandangannya disini! Betewe, itu foto sama sekali gak ada editan yah. No filter for this God's creation!
This is simply beautiful (taken with Canon M10)

17.45 Perjalanan balik ke Pulau Harapan. Sepanjang perjalanan sumpah pemandangannya bagus banget. Sunset dan ombak di atas kapal kayu sederhana itu perpaduan yang menurutku pas banget!
taken with Canon M10

Sekitar jam 18.45 kali ya kita sampe di Pulau Harapan lagi. Setelah itu benernya ada acara BBQ jam 21.00 tapi kita semua tepar hahaha!

DAY 2

08.00 Kita di bawa ke Pulau Bira. Ini pulau ya... lautnya amazing banget! Airnya jernih dan pemandangannya sangat photo-worthy banget! Banyak spot-spot untuk foto-foto disini, dari ayunan yang dibuat di ranting pohon, pasir putih sepanjang pulau, dan taman di pulau itu.
Thank you for this beautiful picture ci! Hahaha~ (taken with Xiaomi action camera)
Tuh lihat deh airnya super jernih! Kita sampe bela-belain kulit terbakar, kepanasan, demi foto ini! Gila banget sih ini bagus banget pemandangannya!
taken with Canon M10

10.00 Kita meninggalkan Pulau Bira Kecil dan packing untuk mengejar kapal kita biar dapat tempat duduk enak, walaupun akhirnya kita dapat tempat duduk yang persis sama seperti waktu berangkat. Hahaha! Jadi sekali lagi, dengan bantuan antimo dan ratusan musik di hape, aku berhasil melewati 3 jam perjalanan terombang ambing di laut dengan tenang tanpa mabuk!

KESAN-KESAN
- Hmmm... yang pasti liburan kali ini beda banget dan bikin aku bener-bener tau apa yang kusuka sekarang. Traveling! Hahaha! Butuh sesuatu yang bener-bener beda dan membuatku melupakan segala masalah kantor. Jadi menurutku liburan di Pulau Harapan ini bener-bener semacem sweet escape.
- PANAS BANGET! Gila ya, baru kali itu aku kepanasan kaya gitu. Kulit terbakar sana sini. Untung aku bawa sunscreen SPF 50 andalanku itu walao tetep terbakar, at least gak separah temen-temenku yang lain (yang akhirnya mintain sunscreenku sampe hampir abis!)
Recommend yah buat yang mau gosong-gosongan di Pulau hahaha~ (taken with Canon M10)
- Miris sih lihat gimana orang-orang disana gak bisa jaga kebersihan yang bener-bener. Waktu kita jelajah pulau emang gak berasa banget, tapi kalau udah deket Pulau Harapan, kita bisa melihat sampah-sampah mengapung. Dari bungkus popmie, plastik, dan sembarang sampah lah tersebar di laut deket-deket Pulau Harapan. Please... itu kan alam-alam kita ya sebagai orang Indonesia, apa sih susahnya jaga kebersihan? Itu kan harta bersama, alangkah baiknya kita jaga bersama ya temen-temen :)

- Bawa Sunscreen sama sunglass! Sunscreen-nya yang SPF 50 ya biar nampol.
- Bawa action camera waterproof deh. Aku menyesal kok gak bawa/pinjem action camera disini.
- Bawa banyak camilan! Buat isi perut aja selama perjalanan jelajah pulau dan buat malam - tapi jangan lupa jaga kebersihan ya temen-temen. Sampah dibuang ditempatnya jangan di laut! Camilan ini penting banget buat malam hari di saat hari bener-bener gerah dan gak bisa tidur.
- Disana banyak yang jual minuman kok, jadi jangan cemas kita akan kekurangan minum. Harga aqua dingin 600 ml di bandrol IDR 4.000 aja
- Di dermaga juga banyak banget yang nawarin jajanan yang enak-enak, jadi jangan cemas kelaparan abis jelajah pulau
- Pengen jelajah pulau yang komplit? Pergi setelah bulan Agustus.
Sebenernya pengen ke Pulau Gosong. itu pulau pasti sangat photo-worthy banget! Tapi, saat aku pergi kemarin Pulau Gosong tenggelam. Pulau itu hanya terdiri dari segaris pasir putih. Kalau pengen kesini, pergi bulan Agustus ke belakang ya karena pulau itu akan muncul setelah bulan Agustus.
credit pada siapapun yang foto ini ya (ambil random dari google)
- Bawa tisyu basah buat bersihin alat snorkeling. At least bagian bibir dan gigi kita bersihin ya, karena kita gak tau siapa yang pake itu sebelumnya kan?
- Kalau kamu mabuk laut, siapin antimo. Sebelum kapal berangkat, minum satu butir dan langsung tidur. Jangan liat laut sepanjang perjalanan ya. Sarapan dulu sebelum naik kapal dengan porsi yang pas (jangan kekenyangan, jangan terlalu dikit)
- bawa masker dan minyak angin semacam V-fresh / Freshcare, buat meningkas bau di Muara Angke, bau terasi dan ikan asin cuy!
- Bawa kipas angin portable. Guesthouse sih emang AC, tapi itu 1 AC (ukurannya 1/2 PK lagi, buat seluruh rumah!)

Biaya-biaya

Biaya tour - IDR 320.000 (Tiga Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah)
>> biaya ini sudah include biaya Muara Angke - Pulau Harapan PP @ IDR 55.000 (lima puluh lima ribu rupiah), biaya kapal jelajah pulau, penginapan 2D1N (Ber-AC), makan siang-dinner-BBQ-dan sarapan pagi sebelum jelajah pulau hari kedua.
Biaya tournya ini bervariasi tergantung dapat tournya ya.. Temenku ada yang IDR 350.000 all in (bener-bener dia gak tau ada biaya parkir kapal gitu-gitu sewaktu kita tanya-tanya)
Trus kalau ada yang berangkat dari Ancol, itu bisa IDR 770.000 (Tujuh ratus tujuh puluh ribu) @ person lhoh, karena berangkatnya pake yacht.
Biaya lain-lain :
- Biaya masuk dermaga di Muara Angke @person IDR 2.000 (dua ribu rupiah)
- Biaya tips tour leader IDR 100.000 (seratus ribu rupiah) - secara tour leader kita ini baik banget !
- Biaya parkir kapal di pulau-pulau yang kita jelajah @ IDR 10.000 per kapal
- Makan siang sebelum pulang (kita makan popmi, hahahah!)

Kalau kalian rombongan 10 orang berarti satu orang keluar kocek sekitar IDR 320.000 - IDR 350.000 (Tiga ratus dua puluh ribu sampe Tiga ratus lima puluh ribu rupiah).

Worth it?
Worth it.

Mau kesini lagi gak?
Hmm.. mungkin mau tapi cobain pulau lain, hehe.

Dibuang sayang
(taken with Canon M10)

must take when you in little ship ^^v

walo gak focus, tapi sayang aja dibuang

jaga kebersihan ya temen-temen. Kita jaga bareng-bareng harta kita ^^ Kalau jernih gini kan enak lihatnya