190419 - 190421 Kuliner di Malang & Batu

Jenuh kerja.
Jenuh sama kota rantauan baru.
Kangen temen-temen lama.
Pengen jepret-jepret hal yang estetik.

Jatuhlah pilihan ke Malang dan Batu serta Gunung Bromo.
Seumur-umur, kuliah 5 tahun di Surabaya, gak pernah namanya liburan ke Batu, Malang, Gunung Bromo. wkwkwkkwkwkwkw. Tiap mau rencana selalu gagal (hal ini juga berlaku kalo mau liburan ke Bali). Tiap udah mantep, ada aja halangannya.

Akhirnya, setelah (kalo ditotal-total) hidup di Surabaya +/- 7 tahun, akhirnya!
Aku liburan ke Malang, Batu, dan Gunung Bromo!

yang sayangnya aku ke Bromo waktu erupsi T_T
taken with Canon M10

Rencana awal datang di bulan Januari tahun 2019 (setelah gagal berangkat Desember). Mulai dari cari-cari tour, persewaan mobil, liat-liat itinerary orang-orang, memutuskan siapa aja membernya, mau liburan berapa hari, mau kemana aja, cari-cari hari luang, akhirnya berangkatlah kita tanggal 19 April 2019.

Sebelum berangkat, aku mau cerita dulu. Ini liburan kayanya hampir gagal (lagi). Dari pergantian member, hubungin temen lama yang susah banget dihubungin (kita semua tinggal di kota yang beda-beda : ada yang di Jakarta, aku di Surabaya, temenku satu di Banjarmasin, dan satunya di Madiun, wakakakakaka), sampe ada berita Gunung Bromo waspada 1, dan member lama-kelamaan menipis dari yang aslinya 7 member, akhirnya yang berangkat tinggal 4 member.
Mana waktu berangkat, aku dan temenku satu pakai drama acara ketinggalan kereta xD
Di pagi hari yang cerah, kita harus berpikir keras gimana caranya bisa sampe Malang hari itu juga sebelum jam 4 sore (jam-nya temenku mendarat dari Jakarta). Akhirnya kita milih naik travel yang (syukurlah) tempatnya available dan jam-nya cocok.

Itu dapat travel beneran keajaiban banget sih dan keretanya yang ketinggalan itu bisa di refund dong!
Ceritanya gini, kan H-1 keberangkatan, tiba-tiba kita dapat sms dari KAI, bahwa ada perubahan tempat duduk atau penurunan fasilitas gitu lhoh. Di sms-nya tertulis jika tidak tertarik untuk melanjutkan perjalanan bisa di refund tiket ini di stasiun terdekat hingga hari-H (kira-kira begitulah inti SMS-nya). Di hari-H, keretanya tuh berangkat jam 07.30 pagi, padahal aku sama temenku bangun dari subuh jam 5 pagi (dengan kondisi ya sudah tinggal berangkat aja gitu, barang sudah di pack, semuanya udah siap), selesai mandi dan beberes jam set 6 pagi, nah entah kenapa dan apa yang terjadi sampe jam 7.15 kita baru selesai semuanya. wkwkwkwkkww. Rumahnya temenku deket sih ke stasiun paling cuma 10 menit, ta ta tapi.... berangkat jam 7.15? Kayanya mefet banget.

Dan benar, begitu sampe stasiun, keretanya berangkat di depan mata. Wkwkwkwkwk.
Panik. Gak tau gimana. Akhirnya kita pasrah aja sih. Kita kabarin temen dulu kalo kita ketinggalan kereta. Wkwkwkkwkw mereka ya woles. Iseng-iseng kita ke customer service (karena jamnya cuma lebih dari 5 menit dari jam keberangkatan), kita minta refund tiket tuh. Eh bisa dong! 100% kembali lhoh uangnya! Keajaiban banget sih ini. Udah beli pake promo traveloka, dapatnya cuma 40rb seorang masih dapat cashback, awalnya udah woles aja kalo hangus, eh keajaiban bisa di refund.

Mulailah kita cari-cari tiket pengganti. Kita cari-cari travel (ohhhh aku rindu dapat fasilitas pulsa dari kantor, miris aja liat tiap kali telpon : tagihannyaaaa). Eh ketemu yang jamnya cocok dan (walo gak semurah naik kereta) cocok di kantong.

Sampe di Malang passs jam 2 siang, bisa langsung check in hotel dan istirahat bentar sambil tungguin teman sampe di Malang. Jam 4 semuanya berkumpul dan kita mulai perjalanan!

Dari yang pertama mau cerita kulineran doang, akhirnya malah merembet kemana-mana wkwkwkkw

Berikut makanan-makanan yang kita nikmati selama di Malang dan Batu :

Hari Pertama - 19 April 2019
1. Bakwan Subur
Waktu sampe Malang, kita berempat yang beneran gak tau apa-apa soal Malang, butuh waktu setengah jam-an untuk nentuin mana-mana aja yang perlu dimasukin perut hari itu. Pilihan pertama jatuh ke Bakwan Subur ini. Comfort food banget. Kuah-kuah gurih plus lauknya yang enak.
Bakwannya sih enak, sejenis kaya Bakwan Kapasari gitu versi lebih murce. Satu lauknya dihargai IDR 6 ribu (seingatku ya). Masih ada lauk lainnya sih, tapi karna tujuan makannya buanyakkkk kita pilih yang tanpa nasi aja.
Note : Non-Halal ya~

2. Nasi Babi 99
Rekomendasi oleh youtuber dan penasaran. Waktu lihat foto-foto dan si youtuber makan sih emang menggoda iman. Akhirnya, habis makan babi, kita membabi lagi aja di Nasi Babi 99.
Ini tempatnya agak tricky gitu, bener-bener kudu jeli lihat papannya. Bentuk rumah makannya kaya rumah gitu dari depan, tapi ada tulisannya kok.
Karena aku buta Malang maaf ya gak bisa kasi incer-incer.
Sate babinya, kita beli yang 10 tusuk (harganya lupa, maafkan)
Taken with Canon M10

Baikutnya yang endolita barbaraaaaa, bawangnya royal betssss

3. Depot Hok Lay
Depot yang legendaris di Malang. Baca-baca udah berdiri sejak tahun 1946. Isinya kaya semacam makanan Semarang gitu sih menurutku. Ada lumpia, cwi-mi, dan makanan kuno lainnya. Restonya pun keliatan agak kuno gitu.
Restorannya udah pasti di targetkan buat keluarga ya. Mejanya besar-besar, kursinya juga banyak. Minimal satu meja bisa diisi 4 orang-an. Datang agak siangan, kalo udah sore rame dan antri bangett.
Lumpia goreng (harganya lupa, maafkan ya)

Cwi-Mi
Hahahaha~
Karena perut udah keiisi 80%, kita bagi 2 makanan itu untuk 4 orang xD
Kalo menurutku sih cwi-minya enak ya~ Dagingnya royal gitu, plus pangsitnya juga enak. Mi-nya juga mi tipis kecil gitu. Kuahnya juga enak dari kaldu asli. Agak bermicin sih tapi it's okay lah ya, namanya juga Mi.
Kalo untuk Lumpia gorengnya, aku kurang suka sih soalnya berminyak banget. Jadi makannya enek-apalagi perut kondisinya gak lapar amat. Saus-nya juga gimanaaaa gitu rasanya wkwkwkwkwk. Kalo suka lumpia semarang, mungkin akan suka ya dengan lumpia jenis begini, kalo aku emang kurang suka sih. Lumpia-nya menurutku agak gurih/asin kalo dibandingkan dengan lumpia Semarang (ini positifnya, soalnya menurutku lumpia Semarang tuh rasanya agak manis).
Nah menurutku, yang membekas di memoriku malah minuman yang namanya Fosco ini :
Fosco
Taken with Samsung Galaxy Note 5
Lucu ya tempatnya di kasi di botol kaca coca-cola gitu.
Rasanya waktu pertama kali minum, agak aneh sih. Soalnya ekspektasinya kan manis yaa coklat dingin gitu. Eh pas aku rasain asin dong. Wkwkwkwkwk. Unexpected. Tapi anehnya, nagih. Kita malah jadi nebak-nebak ini yang asin apaan. Kita nebaknya sih santan. Tapi ya gak tau juga, mau tanya bos-nya, selain sibuk, gak mungkin juga dia buka rahasia dapur ke kita kan? Wkwkwk. Rasanya gimana ya.... kaya Puree Chocolate-nya Chatime less sugar, trus ditambahin salted caramel. Gitu kali ya. Harus cobain sendiri sih. Tapi nagih banget sumpah minumannya. Kita sampe nambah lagi minumannya buat sharing. Gak bikin enek, gak terlalu manis, asinnya juga pas. Recommended!

Hari Kedua - 20 April 2019
4. Rawon Nguling
Rasanya masih membekas di lidah. Kehangatan di pagi harinya masih teringat di memori. Lembut dagingnya juga masih terngiang-ngiang di otak. Beda banget sama rawon nguling yang di Surabaya!
Lauknya semuanya juga enak (aku cobain tempe gorengnya plus perkedel)
The best choice for breakfast! - hasil brainstroming dengan mas Adit (driver dari tour-nya yang ngantarin kita selama kita di sana, makasih mas Adit!)
Rawon Nguling - IDR 29.000
Taken with Canon M10

5. Warung Bethania Batu
Abis main-main di Batu, capek petik-petik apel, pose sana sini di sembarang wahana, laper juga dan udah lemes gak tau mau kemana lagi, akhirnya kita putuskan pulang Malang. Sekali lagi, makasih buat mas Adit yang rekomen tempat ini.
Sayangnya, waktu sampe sana kan udah laper banget, aku gak sempet abadiin tempat makannya. Sumpah, estetik banget! Kalo ke Batu recommend deh mampir disini.
Pelayanannya cepat, makannya juga enak!
Kita pesan ini untuk sharing ber-4
Itu nasinya panas dan pulen banget!

Ikan Bakar

Tahu Telor

6. Pos Ketan
Karena legendaris, jadinya penasaran juga. Sebenernya aku orangnya gak terlalu suka makan ketan sih. Tapi ketannya asli enak!

Ketannya lembut, topping-nya juga royal banget ngasinya.
Datang pas gak teralu antri (cuma ada 3 orang di depan kita), walo tempat makannya udah full. Abis kita datang, antrinya sampe ke toko seberang, alamak!
Coklat-Keju
Aku gak fotoin tempatnya temen-temenku karena kita gak kebagian tempat dan cuma nyempil di tempat antrean
Taken with Canon m10

7. STMJ
Mau pulang sayang, tapi mau makan udah gak mampu. Abis jalan-jalan nurunin ketan, kita mampir cobain STMJ. Temenku yang dari Banjarmasin dan Bandung, gak ngehhh ada minuman model gini. Mereka yang aku ceritain minuman yang isinya : Susu, Telor, Madu, Jahe, mereka pada kaget. Hahahaha~
Aku sebagai warga Solo udah familiar banget sama minuman ini. Tapi aku gak doyan. Aku sih biasa pesennya SMJ (Susu Madu Jahe), tanpa telor.
Karena tempat yang legendaris udah rame bangettttt, akhirnya kita mampir aja di sembarang tempat STMJ. Yang ternyata enak. Karena udah lelah, aku gak inget sama sekali dimana ini. Tapi roti bakar-nya enak dan SMJnya juga enak (temenku  akhirnya pada pesen SMJ dan SM karna gak ada yang berani tambahin telor wwkwkwkkw), walao sedikit kemanisan untuk seleraku.

Hari Ketiga - 21 April 2019
8. Toko Oen Malang (sejak 1930)
Last day. Udah berencana mau makan sini sejak hari ke-2. Restoran legendaris juga, udah berdiri sejak tahun 1930.
Tokonya tuh toko lawas gitu. Makanannya juga ala-ala Belanda kuno gitu. Selain resto, mereka juga jual roti basah juga, yang bisa dimakan di restonya ato kaya aku untuk dibawa pulang.
gak inget dah judul steaknya apaan
taken with Samsung Galaxy Note 5 - camera udah di packing di koper
Liat, tatanannya ala-ala steak kuno gitu kan?
Makanannya enak banget sih ini. Harganya emang agak pricey, tapi beneran enak. Dagingnya bener-bener tebel (bukan tebel tepung). Kentangnya enak, bahkan saladnya aja juga enak.
Kita juga pesan ice cream, Banana Boat, kalo gak salah. Es krimnya juga enak, ala-ala es krim kuno gitu (kalo di Solo mungkin kaya restoran Kusuma Sari).
Aku juga masih bawa pulang rotinya mereka. Roti daging dan roti coklat keju gitu. Agak mehong sih satu rotinya kalo gak salah harganya IDR 20rb-an (kalo gak salah ya ges) tapi enak. Duh beneran dah karna keburu buru kejar kereta pulang (trauma ceritanya kalo ketinggalan kereta lagi), aku akhirnya gak abadiin itu semua >,<"
Yang disayangkan dari resto ini tuh tempat dan pelayanannya sih menurutku (ceileh sebagai mantan anak perhotelan ya gess, harap maklum cerewet masalah beginian). Mejanya tu waktu kita datang, masih kotor dari customer sebelumnya gitu. Dan mejanya agak pliket (apa ya bahasa formalnya, lengket?). Trus banyak semut (it's a big no no for restaurant!). Aku amatin pas makan nih, abis customer selesai makan, meja tuh gak langsung diberesin. Lamaaaa banget tergeletak tuh kotoran, sampe ada customer baru, nah baru diberesin tuh meja. Trus panas tempatnya.
Maksudnya, dengan harga satu makanan segitu, dan ramai lhoh tempatnya, harusnya pelayanannya bisa diperbaiki dan tempatnya pun bisa agak bersih lagi at least.

Overall, aku puas sih liburan kali ini, walo vibe party-nya gak ada yah wakakakakka
Aku nulis di tanggal 4 Januari 2020, dan semua memori dan rasanya aku masih ingat semua.
Budget gak kekuras, tapi memorinya dapat.
Next aku akan bagiin itenerary + budget liburan ini ya~
*semoga ingat dan menuhin janji* wkwkwkwkwkwkkwkwkw