170826-27 Fun Escape to Bandung

Sebagai anak perantauan di Jakarta, walo banyak banget yang belum di explore di Jakarta, tetep aja jenuh dan sepet banget liat kota yang gitu-gitu lagi. Penat, bosen, males, mager jadi kebiasaan di weekend karna bener-bener bosen dan kehabisan ide mau pergi ke mana.
Akhirnya aku mutusin buat pergi ke Bandung. 
Jadi anak lulusan DP-Development Program (atau MT-Management Trainee) itu ada kelebihannya : Temennya kesebar di seluruh kota di Indonesia. Jadi selain bisa ngunjungi temen yang ada di Bandung (yang kebetulan juga  udah lama banget gak ketemu), bisa liburan yang langsung dianter oleh orang lokal Bandung asli (yang lahir sampe sekarang gak pernah lepas dari Bandung). 
Nah, yang merasa sama, yang udah bosen banget jalan-jalan mall to mall, cafe to cafe, bar to bar di Jakarta, boleh coba itinerary-ku weekend hemat dan puas di Bandung. 

Day One

05.15 - 08.00 
Otw to Bandung. Aku sama temenku yang di Jakarta barengan berangkat ke Bandung naik travel (option yang oke setelah naik kreta, dari segi harga dan kenyamanan). Kita naik pake Lintas (ada di Grogol, temenku yang pesenin sih, aku mah cuma ikutan haha, bisa cari aja ada aplikasinya di google play Lintas Shuttle. 
Mobilnya bersih, driver-nya setirannya enak dan cepat juga tepat waktu. Cukup rogoh IDR 120 ribu dan anda akan tiba di Bandung dengan selamat tanpa takut rencana berantakan. 

08.00 - 09.00
PERTAMA KALI NGINJEKIN KAKI DI BANDUNG!!!
yassss~
Hahaha~ Beneran ini pertama kali di Bandung? 
Iya... sebagai orang yang dari lahir di Indonesia, aku malu sih ngakuinya, tapi kenyataannya gitu mau gimana. 
Nah temenku infoin tuh, bahwa untuk Jalan-jalan kali ini dibanyakin aja ke atas daerah Lembang, (karna kebetulan sewaktu aku ke Bandung ini, Pak Jokowi juga main ke Bandung) jadi kita ngindarin macet secepat yang kita bisa. Jadi kita langsung cabut dan ngebut ke Floating Market. 

09.00 - 12.30
Sampe di Floating Market, oke enak banget kita dapet parkiran depan pintu karna masih sepi banget. Cuma ada 2 rombongan kecil di pintu masuk. Jadi kita mutusin buat puter-puter aja selagi angin masih seger banget disana. 
Kita mutusin chilling aja disana. Temu kangen cerita ini itu, dari pembicaraan serius sampe pembahasan sampah gak penting, saling tukar informasi tentang siapa dan apa atau mengapa atau sekarang gimana. 
Jam 9.30-an perut mulai krucuk-krucuk kan ya, akhirnya kita mutusin makan aja. 
Aku pilih ketupat tahu, begini perawakannya.
taken with Canon M10

Aku ekspektasi kan ya kaya tahu kupat di Solo yang isinya tahu goreng dipotong-potong, mi kuning, kol, kupat, kacang goreng, yang dilengkapi kuah petis. Nah kalo ketupat tahu tu isinya timun, tahu goreng, tempe, toge, krupuk, sama pake kuah kacang gitu. (padahal aku pesan yang petis, tapi rasa petisnya kurang sih)
Temenku yang orang Bandung aja kaget dan bingung liat Ketupat Tahu yang aku pesen. Untuk makanan kaya gitu aku harus rogoh kocek IDR 20 rb. Mahal juga sih. 
Betewe di Floating Market sini, malesnya adalah yang pake sistem tuker duit/koin gitu. Jadi kita putusin untuk nuker IDR 50rb buat kita bertiga. 
Temenku pesan sup yang kaya ada dagingnya gitu (aku lupa namanya apa), bandrek, dan segala macam umbi-umbian. 

Jam 11.00 kelar makan kita berangkat ke kamar mandi sebelum explore Floating Market. Oh ya, untuk masuk Floating Market, kita butuh bayar IDR 25k untuk tiket masuk yang bisa kita tukerin tiketnya dengan minuman/snack. Kita lama mampirnya ke Mini Town sih, dan masuk arenanya harus bayar IDR 25k (tiket bisa tuker dengan snack). 
taken with Canon M10

Lucu sih mini townnya gitu ala-ala Eropa gitu. Kalo ajak anak-anak sih bagus ya mereka bisa mengenal berbagai kerjaan yang orang dewasa jalanin, kaya jadi Fashion Designer, Suster, pemadam kebakaran, koki, dan lainnya. Dan asiknya bisasewa baju ala-ala noni-noni Belanda gitu. Kita mah cuma cari objek foto yah, jadi cuma puas liatin anak-anak kecil lucu dorong-dorong kereta bayi gitu. 

12.30 - 13.00
Otw ke tempat makan yang recommend by teman kantornya temenku, yaitu Kedai Teteh. 

13.00 - 14.00
Kita makan di Kedai Teteh. Aku pilih ke nasi Timbel. 
Ini enak, recommend.
taken with Samsung Galaxy Note 5

Isinya nasi yang pulen gitu dibungkus daun pisang, tempe goreng (yang bentuknya kaya peyek itu), tahu goreng yang lembut (akhirnya bisa makan tahu proper yang gak asem-asem disini, di Jakarta tu sama kaya Surabaya tahunya ada rasa asam-asamnya gitu), ayam goreng dada (bisa pilih potongan ayam dan ada pilihan bakar), ikan asin, sambal dadak (kata temenku itu sambel dimana cabenya mentah) yang gak pedes (menurut aku, FYI aku orangnya suka pedes), sama ada perkedel yang endesss. 
Harganya IDR 50.000. Iya, mehel tapi oke lah.

14.00 - 15.00
Perjalanan ke Dusun Bambu. Perjalanan tegang dimana temenku pake mobil otomatic gitu kan. Hahaha... takut mobilnya gak kuat sampe atas, tapi syukurlah kita sampe di atas dengan selamat. 

15.00 - 18.15
Enak sih disini. Banyak yang bisa di eksplore. Dari makanannya yang enak (kita makan jagung bakar sama bolu bakar yang endessss, recommend tapi sayang gak ada bukti fotonya karna ludes dalam sekejap - Pokoknya di Dusun Bambu nemu jual Bolu Bakar ya, itu harus cobain, endes.), sampe pemandangannya yang oke buat objek foto. 
taken with Canon M10

Entah tambah umur ato apa, dulu aku orangnya yang suka explore mall to mall jadi seneng banget liat pepohonan yang rindang dengan angin sepoi-sepoi yang suasananya healing gitu. Dan entah kenapa aku sekarang obsesi banget sama cahaya matahari yang keluar dari sela-sela pohon. Entah kenapa itu bagus banget dan bisa healing cuma liatin kaya gitu. 
Ngabisin waktu sambil random cepret sana sini, foto-foto narsis, crita-crita gak penting sepanjang perjalanan itu menurutku healing yang sangat ampuh setelah semingguan stress kerjaan yang adaaaaa aja masalahnya. 
Kita jalan-jalan nyusurin jembatan yang aku deg-deg-an banget kalo ini copot ato jatoh gitu. Ada arena namanya Alice in Wonderland gitu, lucu banget ada kelinci-kelinci, mini maze, dan serentetan bangunan-bangunan mini yang cute gitu. Cuma mau masuk aja bayar IDR 35 ribu. Kita yang fakir miskin, liatin aja kelinci-kelinci dari luar hahaha (anak gratisan). 
taken with Canon M10

Trus kita nemu kaya cafe gitu bisa makan di pinggir danau (yang suka foto OOTD oke lahhh buat foto-foto disini, instagramable kok). Trus kita kunjungi taman-taman yang isinya bunga-bunga gitu. Bagus juga nih, instagramable. Dan banyak spot foto!
taken with Canon M10

Taken with Canon M10

Puas hirup udara segerrr dan mata udah ijoo lagi, kita putusin keluar dari Dusun Bambu dan cari makanan penambah lemak di Cibadak. 

18.15 - 19.20/20.00
Perjalanan ke Cibadak yang macet banget. 
Sayang sih karna takut ribet waktu makan kamera ditinggal di mobil, padahal menurutku banyak banget spot foto yang oke disini. 
Laper, kita ambil antrian dulu ke Nasi Campur 88 legendaris yang tiap orang Bandung selalu bilang itu endes. Trus kita hunting makanan dulu sebagai appetizer hahaha. Siomay Tulen Ny. Tan dan kuotie berhasil masuk ke perut kita tanpa ampun sebelum melahap Nasi Campur 88. 
taken with Samsung Galaxy Note 5

Eh ternyata endes, hahaha. Chilli Oilnya mantap, samcannya kres-kres, sayang dagingnya tipis-tipis sih, sebagai fans dari chasio ya, potongannya ketipisan menurut saya. 

21.00 - setrusnya
Kita turunin makanan kita jalan-jalan di Cibadak sama Setiabudi... ato Sudirman ya? Street Food. Enek banget liatin makanan, kita pulang.

Kita nginep di Haris Hotel & Convention Ciumbeulit. Pagi-pagi sebelum sampe Bandung, kita infoin ke hotel bahwa kita late-checkin. Gak ekspek kamar yang luas ehh disambut sama kamar yang luas dan cozy. Have a nice and quality rest disini. Harga sih mungkin tentative ya. Saat itu kita bayar IDR 600 ribu semalem. Dibagi 3 orang (jangan tiru ya, ini harusnya cuma 2 orang per kamar hahaha) ya lumayan lahh udah dapet kamar yang oke, bersih, channel TVnya lumayan banyak dan kamar mandi yang lumayan luas. 

Day Two a.k.a Last Day

08.45 - 09.25
Sedikit telat dari rencana berangkat. Otw ke Farmhouse. Temenku yang orang Bandung juga perdana kesini. Penasaran aja sih karna ini hitsss banget di kalangan orang kantorku di Jakarta atopun kantornya temenku yang orang Bandung. 

09. 30 - 11.00
Udah gak dapet parkir yang disediain sama Farmhouse. Tapi rejeki anak soleh ya, dapet parkiran yang diseberang gitu, lumayan deket dari Farmhousenya. Masuk ke sana, gila RAME BANGET!! Kita butuh bayar IDR 25k untuk masuk arenanya dan bisa dapet susu gratis dari tiket itu (ada 3 pilihan rasa : original, stroberi, dan coklat). 
taken with Canon M10

Hahaha disini gak jelas banget mau ngapain. Mana panas banget. Cuma muter-muter atas dasar penasaran. Main ilama yang lucu banget, jahilin kelinci, foto sana sini, makan sosis endes dibarengin roti croissant dan crepes yang lumayan buat sarapan dilengkapi susu gratisan. 
Jalan-jalan disini cukup mengagetkan, karna kita bisa nemuin celah celah rahasia, ato ruangan yang ternyata oh tembus sana oh tembus sini, ada banyak arena snack, trus ada yang bisa foto sama tokoh-tokoh cosplay gitu sih, trus sama kaya Floating Market, ada mini town dan dress up ala-ala Eropa gitu. Kata temen aku yang orang Bandung sih, Floating Market sama Farmhouse ini yang punya sama. Makanya kok mirip-mirip gitu konsepnya. 
taken with Canon M10

taken with Canon M10

taken with Canon M10

Sepulangnya dari Farmhouse, kita mampir Prima Rasa beli oleh-oleh, trus makan siang di random place di blusukan gitu jual nasi Lengko, bakmoy, lotek, dan banyak jenisnya gitu (gak foto karna kamera udah di packing di tas hahaha). 
Udah sih abis gitu bengong bodo di mall deket tempat travel yang akan antar kita ke Jakarta. 

Nah gitu sih  itineraryku di Bandung. Boleh dicontoh kalo bingung di Bandung mau ngapain.


Kesimpulannya : Asik sih main Bandung, pengen explore lagi kapan-kapan yang daerah kota, cobain cafe-cafe yang hits sama cari objek foto sih. 


Tips waktu jalan-jalan di Bandung :
1. Bawa kamera (ahahahahah soalnya pemandangannya bagus, banyak bangunan tua yang oke buat jadi objek foto)
2. Kalo main daerah Lembang ato Bandung area atas kaya Dago gitu mendingan sih rental car ato kaya aku numpang aja temen yang punya mobil disana (yang udah pasti kuasain jalanan Bandung)
3. Cobain makanan yang banyak! Makanannya enak-enak dan harganya oke sih. 
4. Tanya-tanya recommend dari orang Bandung lokal pergi kemana dan makan dimana

Dibuang sayang (taken with Canon M10)












All picures captured by me :)
If you love this post please bookmark me ;D

Comments

Popular Posts